Assalammualaikum Wr.Wb.
Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL )
1 . Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak .
Menurut
Wikipedia Rekayasa perangkat lunak adalah satu bidang profesi yang
mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan,
pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan
manajemen kualitas.
Sedangkan Menurut IEEE Computer Society :
Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang
sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan
dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan
ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Jadi Rekayasa Perangkat Lunak adalah
pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara,
dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk
menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan
efektif untuk pengguna.
2 . Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak .
Secara
umum tujuan Rekayasa Perangkat Lunak tidak berbeda dengan bidang
rekayasa yang lain. Bidang rekayasa akan selalu berusaha menghasilkan
output yang kinerjanya tinggi waktu penyelesaian yang tepat dan Berbiaya
rendah. Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah
sebagai berikut:
· Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal serta tepat waktu.
· Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
· Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatan rendah.
· Menghasilkan perangkat lunak yang bisa bekerja di berbagai jenis platform.
3 . Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak .
Rekayasa Perangkat sendiri mempunyai ruang lingkup kerjanya Sebagai berikut:
|
Gambar Ruang Lingkup RPL
|
Software Requirements
berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
Software Design
meliputi proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak
Software Construction
berhubungan dengan detil pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pencarian kesalahan dan pengujian.
Software Testing
meliputi pengujian pada kinerja perangkat lunak secara keseluruhan
Software Maintenance
mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
Software Configuration Management
berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
Software Engineering Management
berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
Software Engineering Tools and Methods
mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
Software Quality
menitikberatkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.
Software Engineering Process
berhubungan dengan implementasi, definisi, pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses Rekayasa Perangkat Lunak .
4 . Ilmu Yang di Pelajari RPL .
Sebenarnya
RPL itu gampang kita biasanya mempelajari tentang device , networking ,
dan application jadi tidak jauh sama yang namanya coding .
RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak ) biasanya berkecimpung di dunia coding . Anak - anak RPL gak jauh sama yang namanya :
1 . Coding
2 . Desain
3 . Algoritma
Coding yang kita pelajari bukan hanya satu coding ada banyak macam coding yang kita pelajari seperti :
- Pemrograman Bahasa Pascal
- Pemrograman Bahasa Perl
- Pemrograman Bahasa C
- Pemrograman Bahasa C++
- Pemrograman Bahasa Java
- Pemrograman Bahasa Phyton (*)
- Pemrograman Bahasa Delphi (*)
- Pemrograman Bahasa AJAX (*)
- Pemrograman PHP & MySQL
- Pemrograman HTML
- Pemrograman CSS
- Dan masih banyak yang lainnya
Kesimpulan
RPL itu memang bidang study yang tidak mudah tapi jika kita
memperdalam ilmu kita dengan sungguh - sungguh semuanya akan terasa
lebih mudah .
#RPLSk@net
#RPLhits
#RPLmantabJiwa
8 komentar:
bang arif tampan banget sih...rahasia.nya apa bang?makanya apa?
Baca selengkapnya
jgn lupa kunbal bhancet33.blogspot.com,& kunjungi yoga-pratama69.blogspot.com
up !!! gajelas :v
misi orang ganteng mau lewat :p
upppp
bodo amat
ane kagak liat
Posting Komentar